Galeri Buku

Berikut ini adalah buku-buku yang ditulis oleh para dosen STT Ekumene yang diterbitkan oleh penerbit

Ekumene Literatur dan telah memiliki ISBN (International Standard Book Number).

Cover Edwin Filsafat.jpg

Judul         : Pengantar Filsafat. Menemukan Esensi Filsafat Dalam

                     Berteologi

Penulis      : Dr. Edwin Goklas Silalahi

Penerbit    : Ekumene Literatur

Cetakan    : Pertama, 2022

Bahasa      : Indonesia
Ukuran      : 14,8 x 21 cm
Tebal         : 138 Halaman

Sinopsis

Adalah suatu tragedi apabila filsafat sebagai disiplin ilmu tersingkirkan hanya karena kecurigaan manusia. Patut diakui bahwa tidak sedikit orang Kristen yang memiliki sikap anti terhadap filsafat. Sebagian orang mengira bahwa filsafat adalah ilmu yang akan merusak iman, karena dianggap sebagai kombinasi ilmu nujum, psikologi dan teologi. Sebagian lagi menganggap bahwa ilmu filsafat ini begitu tinggi, karena hanya dibahas oleh orang-orang bijak dan intelektual. Istilah-istilah yang dibahas juga memusingkan. Pada akhirnya, filsafat disikapi secara salah oleh kebanyakan orang.
Buku ini akan membuka mata Anda bahwa tanpa disadari, kita semua berfilsafat. Berfilsafat bukanlah sebuah hal yang menakutkan. Berfilsafat dalam konteks Kristiani adalah mencintai kebenaran dengan sungguh-sungguh. Penulis dengan bahasa yang sederhana akan menjelaskan manfaat filsafat dalam kehidupan Kristiani, khususnya dalam berteologi. Dalam konteks Kristiani, filsafat sebagai sebuah metode (cara) berfikir—mencintai hikmat, menjadi alat untuk mendalami kebenaran.

Judul         : Kepemimpinan Gembala Jemaat Yang Efektif

Penulis      : Dr. Edwin Goklas Silalahi

Penerbit    : Ekumene Literatur

ISBN          : 978-623-93113-3-9

Cetakan    : Pertama, 2020

Bahasa      : Indonesia
Ukuran      : 15 x 23 cm
Tebal         : 256 Halaman

Sinopsis

Bukankah jika hanya membahas kepemimpinan gembala, ruang lingkup pembahasannya terbatas? Tidak dapat disangkali, jika dikaitkan dengan materi pembahasan, memang lebih mudah membahas kepemimpinan Kristen daripada kepemimpinan gembala jemaat. Hal itu disebabkan karena semesta pembicaraan kepemimpinan Kristen sangat luas, melampaui gereja; bisa yayasan Kristen ataupun lembaga-lembaga pelayanan Kristen pada umumnya. Sementara jika membahas kepemimpinan gembala, maka fokus penelahaan hanya tertuju pada kepemimpinan gembala gereja.

Meski demikian, tidak dapat dipungkiri bahwa materi buku ini ternyata memiliki banyak sekali irisan dengan kepemimpinan Kristen secara umum. Bahkan ke-empat pilar yang menjadi tema sentral buku ini, juga adalah komponen kepemimpinan Kristen. Hal itu disebabkan karena baik kepemimpinan Kristen maupun kepemimpinan gembala memiliki banyak kesamaan dalam prinsip-prinsipnya, yaitu melayani Tuhan dan umat-Nya. Tetapi, kepemimpinan gembala memiliki keunikan yang khas dibanding dengan kepemimpinan Kristen secara umum.

Judul         : Fondasi Pendidikan Karakter Kristen

Penulis      : Dr. Edwin Goklas Silalahi dan Dr. Riko Silaen.

Penerbit    : Ekumene Literatur

ISBN          : 978-623-93113-2-2

Cetakan    : Pertama, 2020

Bahasa      : Indonesia
Ukuran      : 15 x 21 cm
Tebal         : 103 Halaman

Sinopsis

Melalui gereja Yesus Kristus ingin memuridkan semua suku bangsa. 
Tuhan Yesus memberi amanat kepada gereja untuk memuridkan. Melalui pemuridan jemaat diajar kebenaran. Gereja harus kembali kepada panggilannya, menjadi pusat pendidikan Kristen yang berfokus mengubah manusia batiniah (karakter) murid-murid Kristus. Kiranya buku yang sederhana ini dapat memberikan sumbangsih pemikiran, ide ataupun semangat bagi pembacanya untuk memahami panggilan gereja sebagai pusat pendidikan Kristen.

>>